Sabtu, 31 Oktober 2009

Fieldtrip Geologi Indonesia

Sory fren baru OL lagi jadi baru di update, nih cerita mungkin sempat jadi bahan pembicaraan beberapa minggu kemaren, kalo ada yang bilang fieldtrip itu kurang menyenangkan saya pikir kita perlu mencontohi pendahulu2 kita di bidang ini lihat saja Kakek Rab Sukamto aja masih rindu ama lapangan di Mangilu. Apalagi kita yang masih muda 2 (ehm ehm masihmuda jie tman)
klo bercerita tentang pengalaman field trip, nih field trip nggak kala seru dengan yang lain coba aja Tanya friend2 gue di Blok R 8 Hamzi. Mulai dari keberangkatan bus kita betul 2 seru sampe – sampe ada yang lengkap dengan tambahan tour ke Bantimala (istilah lainya salah jalur)



Foto 1. Anak2 Geologi Lagi Sibuk2nya Mengambil data geologi dengan metode Measuring Section

Pada umumnya batuan – batuan yang kita jumpai di field trip ini sangat bervariasi baik itu batuan metamorf High Pressure hingga Low Pressure, Batuan Sedimen laut dalam, betul – betul kompleks.



Lihat aja batuan metamorf Low Pressure berupa Green Schist dengan beberapa mineral penciri seperti Chlorite, Glaucopan, Muscovite dengan struktur Foliasi (Schisstose) tekstur Lepidoblastik.
Setelah anak2 geologi mengambil data pada stasiun 1 kita pun berjalan relative ke arah barat laut kita menemukan batuan high pressure dengan ditemukannya beberapa mineral HP seperti Garnet.



Berbicara mengenai Garnet kita telah ketahui mineral garnet ((Ca, Na) Mg Al SiO12 ) merupakan mineral Logam yang terdiri atas 5 dimana mineral Garnet yang kaya akan unsure Mg disebut mineral Pyrope, Mineral garnet yang kaya akan unsure Fe disebut mineral Almandite, mineral garnet yang kaya akan unsure Ca disebut mineral Grosular sedangkan jika kaya akan unsure Mn disebut mineral Spesartine dan jika kaya akan unsure Na disebut Andradite.



Kenampakan proses Struktur berupa sesar naik dimana Green Schist naik ke permukaan dimana Baturijang menindih Batuan Metamorf (Green Schist).

Berikut Video Kompleks Tektonik Bantimala :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
18 November 2009 pukul 01.43

assalamu'alaykum!!

keren tawwa blognya kaka..
bantimalanya juga kereeeen...

oia,,kak rajin2ki update blognya...ttg batuan apalagi...

btw,mnmi janjita P-T diagram metamorph??

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Fieldtrip Geologi Indonesia
Posting Komentar