Minggu, 12 September 2010

Pasir Besi

Secara umum pasir besi terdiri dari mineral opak yang bercampur dengan butiran-butiran dari mineral non logam seperti, kuarsa, kalsit, feldspar, ampibol, piroksen, biotit, dan tourmalin. mineral tersebut terdiri dari magnetit, titaniferous magnetit, ilmenit, limonit, dan hematit, Titaniferous magnetit adalah bagian yang cukup penting merupakan ubahan dari magnetit dan ilmenit. Mineral bijih pasir besi terutama berasal dari batuan basaltik dan andesitik volkanik.

Kegunaannya pasir besi ini selain untuk industri logam besi juga telah banyak dimanfaatkan pada industri semen
Pasir besi ini terdapat seperti di Sumatera, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor.

ini data pasir besi menurut Wikipedia, sedangkan yang pernah saya jumpai seperti di Sulawesi Selatan di Makassar tepatnya di sepanjang pantai selat makassar, terkhusus di Spit tanjung bunga (Alhamdulillah gw pernah penelitian Sedimentologi di sana, Praktikum Sedimentologi)

Gmana di Daerah teman ada tidak pasir besinya, Silahkan Kritik kalo ada yg nggak benar yahh he he he hitung2 bisa nambah Traffiknya

+ komentar + 2 komentar

Anonim
12 Januari 2011 01.09

kalau daerah takalar sama jeneponto ada kandungan pasir besinya tapi tidak bisa untuk di bisniskan...

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Pasir Besi
21 Januari 2011 19.43

thanks informasinya,placer pasir besi memang jarang dimanfaatkan kalo targetx di sepanjang pantai, mungkin kalo daerah sungai akan berbeda faktor ekonomi akan ditunjang oleh luasnya sebaran Ore

Posting Komentar