Senin, 06 Desember 2010

Laterite Profile

Assalamu Alaikum Wr wb.

Kawan - kawan berbicara mengenai Laterite pasti sangat akrab dengan beberapa faktor pembentuk Laterite salah satunya yaitu Batuan dasar berupa Batuan Ultrabasa nahh kalo sudah gini kita tinggal perhatikan faktor2 yang lainnya, kalo teman2 belum pernah melihat langsung profil Nikel Laterite di Lapangan teman2 bisa perhatikan gambaran umum profil dibawah serta penjelasannya tiap lapisan.

Secara umum endapan Nikel laterit dibedakan menjadi beberapa bagian lapisan (Elias, et al., 1981) yaitu :

a. Tanah penutup (Overburden ).
Merupakan bagian yang paling atas dari suatu penampang laterit. Komposisinya adalah akar tumbuhan, humus, oksida besi dan sisa-sisa organik lainnya. Warna khas adalah coklat tua kehitaman dan bersifat gembur. Kadar nikelnya sangat rendah sehingga tidak diambil dalam penambangan. Ketebalan lapisan tanah penutup rata-rata 0,3 s/d 6 m.


b. Limonit
Merupakan hasil pelapukan lanjut dari batuan beku ultrabasa. Komposisinya meliputi oksida besi yang dominan, goethit, dan magnetit. Ketebalan lapisan ini rata-rata 8-15 m. Dalam limonit dapat dijumpai adanya akar tumbuhan, meskipun dalam persentase yang sangat kecil. Kemunculan bongkah-bongkah batuan beku ultrabasa pada zona ini tidak dominan atau hampir tidak ada, umumnya mineral-mineral di batuan beku basa - ultrabasa telah terubah menjadi serpentin akibat hasil dari pelapukan yang belum tuntas.

c. Saprolit
Zona ini merupakan zona pengayaan unsur Ni. Komposisinya berupa oksida besi, serpentin sekitar ;0,4% kuarsa magnetit dan tekstur batuan asal yang masih terlihat. Ketebalan lapisan ini berkisar 5-18 m. Kemunculan bongkah-bongkah sangat sering dan pada rekahan-rekahan batuan asal dijumpai magnesit, serpentin, krisopras dan garnierit. Bongkah batuan asal yang muncul pada umumnya memiliki kadar SiO2 dan MgO yang tinggi serta Ni dan Fe yang rendah.

c. Batuan dasar (Bedrock ).
Batuan dasar merupakan batuan asal dari nikel laterit yang umumnya merupakan batuan beku ultrabasa yaitu harzburgit dan dunit yang pada rekahannya telah terisi oleh oksida besi 5-10%, garnierit minor dan silika > 35%. Permeabilitas batuan dasar meningkat sebanding dengan intensitas serpentinisasi.

Saran nih Bro kalo mau lebih fokus ama hal2 yang berbau Nikel Laterite :

Boleh paham secara teori mengenai laterite tapi harus lebih sering ke Lapangan (Kondisi Lapangan akan sangat berbeda dengan teori yg dipelajari. nah sarannya itu dulu yahh kalo yg lainnya baiknya nanti diskusi lebih lanjut See yaa

+ komentar + 2 komentar

Anonim
7 Desember 2010 09.19

I fool interpret a few of the articles on your website trendy, and I extremely like your style of blogging. I added it to my favorites entanglement page list and disposition be checking stand behind soon. Divert check into public notice my put as highly and leave to me conscious what you think. Thanks.

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Laterite Profile
7 Desember 2010 18.57

thanks for your appreciated, good comment, I'll fix something in my article so easy to understand. Join again with my blog

Posting Komentar