Minggu, 28 November 2010

Formasi Tonasa

Assalamu Alaikuuum nih hari saya coba bedah dikit mengenai Formasi Tonasa. Salah satu Formasi (Pengelompokan Satuan batuan) penyusun daerah Sulawesi Selatan yang juga diusulkan oleh Pak Rab Sukamto.


Nama Formasi ini diambil dari nama daerah di Kecamatan Balocci, Secara teratur Formasi ini tersusun atas tiga bagian, yaitu :
Bagian atas         : Batugamping Massif sisipan napal
Bagian bawah     : batugamping massif yang mengandung fosil Foram besar dan berlapis, terdapat juga sisipan breksi dan batugamping pasiran
Bagian tengah     :Sisipan batulempung dan batupsir yang mengandung fosil mollusca yaitu jenis Gastropoda.

Batugamping formasi Tonasa dengan karakteristik berwarna abu – abu putih, tekstur klastik dengan fosil Foraminifera alga, mikrit.
Hubungan stratigrafi Formasi Tonasa dengan bagian atas yaitu tidak selaras dengan Formasi Camba dan bagian bawahnya selaras dengan Formasi Mallawa, dengan kenampakan Basal konglomerat di daerah lapali haling.
Berdasarkan analisis fosil planktonik berupa hankenina Alabamensis CHUSMAN, maka umur formasi ini yaitu Eosen Atas, sedangkan dari Fosil Bentoniknya maka Lingkungan Pengendapannya yaitu Neritik Luar.
Nah dari hasil pembedahan Formasi ini maka mungkin akan sedikit membantu menjelaskan ciri khas Formasi ini, yaitu jenis batugamping Massif dan sisipan batuan lainnya, kalo teman2 perhatikan jenis Batugamping Tonasa memiliki ciri fisik yang khas untuk formasi ini tentunya akan mempengaruhi pembentukan endapan karbonatnya, terimakasih

+ komentar + 2 komentar

16 Desember 2010 17.48

terima kasih atas infonya,,, sangat berguna dalam kajian ilmu geologi

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Formasi Tonasa
17 Desember 2010 05.02

Ok Sama2 kalo bisa sharing2 juga yahhh. Salam kenal

Posting Komentar