Jumat, 19 November 2010

Aspal (Asphalt)

Assalamu alaikuum baik2jiq komandan ?? he he he seingat saya 2 minggu yang lalu ada seorang teman bertanya mengenai judul spesifikasi, truss sy bertanya balik katanya dia ingin coba  ambil judul Aspal Buton. Maklumm karena ilmu masih dangkal saya tidak bisa beri masukan banyak mengenai judulnya, nah ini hari saya bantu deh bagi teman2 yang ingin tahu secara umum apa sih itu Aspal.
 

Aspal berasal dari bahasa inggris berupa Asphalt atau pitch yang artinya bahan lekat, merupakan senyawa kimia yang kompleks dengan komponen utama Hidrogen dan Karbon dengan sedikit Belerang dan Nitrogen, berwarna coklat tua sampai hitam komponen berupa Bitumen padat/setengah padat, sifatnya yang termoplastik dan Viskoplastik yaitu melunak dan mencair bila dipanaskan atau dibebani dalam waktu yang lambat atau mengental dan memadat serta elastic bila didinginkan atau dibebani dalam waktu yang singkat, dengan titik lebur 145 – 210 0 F, Material ini larut dalam karbon disulfide tahan air dan Asam.


Aspal dapat digunakan sebagai bahan perekat batu dan bata untuk bangunan atau perekat agregat kerikil, juga dapat digunakan sebagai landasan peswat terbang, pelapis untuk bahan yang tahan air dll.

Aspal terdiri dari dua jenis : 
  • Aspal Alam 
  • Aspal Industri
Aspal alam merupakan aspal yang terbentuk secara alami oleh proses geologi sedangkan aspal Industri merupakan aspal yang terbentuk residu dalam proses pengilangan minyak.
Genesa aspal alam dalam teori lama itu akibat fraksinasi minyak mentah dalam reservoir atau batuan yang mengandung minyak atau dekat permukaan bumi secara alami dan berlangsung lambat.
Teori modern yang berkembang aspal alam megnalami pengurangan sejumlah n Alkana sehingga mengalami degradasi oleh bakteri, perubahan oleh mikroorganisme ini membutuhkan sulfurisasi yang banyak akibatnya minyak mentah menjadi padat yang disebut Aspal Alam.

Keterdapatan
Endapan Aspal biasanya ditemukan dalam bentuk kolam atau danau yang dapat dijumpai dibeberapa Negara seperti Yunani, Rusia, Perancis dan Kuba, danau aspal terbesar adalah Bermudez pitch Lake di Venezuela seluar 1000 acre (1 acre = 0,465 Ha) dengan kedalaman umum 5 feet.


Aspal yang terletak di Pulau Buton Sulawesi Tenggara, endapan Aspal terdiri dari 24 lokasi endapan dengan cadangan terkira 60 juta ton dengan kadar aspal 15 – 35 % aspal, aspal yang ditambang secara tambang terbuka. Menghasilkan pula aspal Industri yang terdiri dari Aspal Residu – langsung, aspal Encer dan Aspal Oksidasi. Dikenal pula Aspal Sintetis berupa aspal yang paling diminati dengan kadar yang sesuai keinginan. 

Kalo mau bahan bacaan mengnai Aspal Buton nih tinggaal Download Gratis kok

Aspal Buton



Berikut tabel Cadangan Terkira dari Aspal Buton (ASBUTON)
Endapan
Cadangan terkira
(000 ton)
Kadar Aspal
(%)
Waisu
100
35
Kabungka
60.000
15 – 35
Winto
3.200
25 – 35
Wariti
600
30
Lawele
100.000
15 - 30
 Data berasal dari Buku tahunan Dinas Pertambangan dan energy Indonesia,1998



nah menurut teman2 judul apa yg mantap dijadikan spesifikasi yang berkaitan dengan Aspal he he he he ???


Wa alaikum salam Wr wb