Rabu, 17 November 2010

Formasi Balang Baru

Assalamu alaikum wr wb

Alhamdulillah kita masih dapat lebaran iedul adha, moga tahun depan masih dapat yaaaa, eh hampir lupa untuk para pembaca yang muslim selamat hari raya iedul adha yaaa (Mumpung hari rayanya masih hangat gituuu).

nahh kali ini saya ingin nulis ni tentang Formasi Balang Baru, kata orang2 duluu tak kenal maka tak cayanggg he he he nah Formasi Balang Baru ini merupakan salah satu Formasi (Pengelompokan Satuan batuan) yang berada di Sulawesi Selatan yang diusulkan oleh Bapak kita Pak Rab Sukamto 1978, nama Formasi ini diambil dari Nama Sungai di daerah Bantimala kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan.

Formasi ini terdiri dari beberapa satuan batuan berupa Batulempung, Batupasir, serpih, Batulanau dan Rijang. berikut ciri khas batuan dari Formasi ini (Maklumm tiap Formasi pasti memiliki ciri khas gitu untuk di kelompokkan) :
  • Batupasir yang berwarna abu - abu kehitaman dengan porositas berisi pirit dan struktur sedimen berupa laminasi, Rekahannya berisi mineral kalsit
  • Serpih atau batulempung yang menyerpih ini bersisipan dengan batupasir sangat halus, struktur sedimen laminasi dengan warna batuan abu - abu kehitaman
  • batulanau yang berwarna abu - abu kehitaman dengan struktur sedimen laminasi. 
Penjelasan batuan di atas tersingkap di Sungai Uludaya desa Paku tebalnya 35 m yang diukur dari penampang stratigrafi, singkapan Monzonit di Sungai Sabilah.

Hubungan stratigrafi dengan Formasi yang ada dibawahnya tidak diketahui kemungkinan kontak tidak selaras dengan batuan tertua di Sulawesi Selatan dan Hubungan Stratigrafi dengan di atasnya kontak Selaras dengan Formasi Mallawa, bila dianalisa Litologi dan Strukturnya berupa Rijang berlapis serta serpih sisipan batupasir gampingan dengan struktur sedimen Laminasi maka Lingkungan Pengendapan formasi ini berada di Laut Dalam.

Umur berdasarkan analisa Radiometri jenis K/Ar oleh Olradarich,1974 diuji di batuan Lava Basalt yang terletak di Bantimala berumur 58,5 Juta tahun atau Paleosen.

Wa alaikum Salam Wr wb